CARA MENJAGA KESEHATAN TELINGA

CARA MENJAGA KESEHATAN TELINGA


    Assalamualaikumwarohma sahabat sehat semua, semoga sahabat selalu sehat yah seperti admin blog ini Aamiin ya rabb. Dalam kesempatan kali ini ana akan meriview bagaimana sih agar telinga kita sehat.Telinga sehat itu ketika telinga bekerja dengan semestinya yaitu dapat mendengar dengan jelas suara dari luar.



Telinga merupakan salah satu organ vital tubuh kita sahabat, karena tidak bekerjanya salah satu oragan dalam tubuh kita sahabat akan membawa dampak buruk bagi kegiatan atau aktivitas kita sahabat semua.Seperti halnya mata, mata juga organ paling vital dalam tubuh maka Jagalah Kesehatan Mata. Apalagi kita sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan sesama dalam keseharian kita. Entah dalam dunia pendidikan, ekonomi, politik, serta semua elemen masyarakat.

Nah berikut ini beberapa cara yang dapat sahabat sehat lakukan untuk menjaga kesehatan telinga yang benar dan tepat. Simak dengan seksama yah sahabat.

1. MEMBERSIHKAN TELINGA DENGAN BENAR

    Pasti sahabat bertanya-tanya bagaimana sih cara yang benar membersihkan telinga...?
Jawabanya yaitu dengan membersihkan telinga secara teratur. Sahabat beranggapan bahwa membersihkan telinga dengan cutton bud merupakan cara paling benar dan dianjurkan. Anggapan seperti ini sangatlah tidak dianjurkan sahabat semua, dikarenakan menggunakan cuttun bud ini justru beresiko untukmendorong kotoran yang ada dalam telinga ini semakin ke dalam sahabat. Nah dengan demikian sangatlah disarankan kalau jangan memakai benda-benda atau cutton bud untuk telinga agar tidak mengganggu fungsi gendang telinga.

Cara terbaiknya yaitu dengan membasuh dengan handuk lembab untuk membersihkanya. Bersihkan sekitar telinga saja jangan sampai memasukkan sesuatu kedalam telinga. Karena di dalam telinga sudah ada cairan yang seperti lilin itu yang bertugas untuk membersihkan kotoran yang berada di dalam telinga. Alangkah baiknya beberapa bulan sahabat periksakan keahli dengan kondisi telinga agar tidak terjadi kegagalan fungsi.

2. LINDUNGILAH TELINGA DARI SUARA YANG TERLALU KERAS

    Telinga merupakan alat pendengaran. Jika telinga mendengar terlalu keras suara akan membuat gendang telinga menjadi rusak. Sumber suara ini biasanya merasal dari bermacam kegiatan seperti suara GERGAJI MESIN, SOUND SISTEM, MESIN PRODUKSI DIPABRIK, Dan Lain Sebagainya. Kebiasaan kita biasanya menggunakan Headset ini juga sangatlah berpengaruh karena suara tertumpu di tengah akibat telinga kanan kiri di pasang sebuah headset.

3. JAGA TELINGA SAHABAT DALAM KEADAAN SELALU KERING

    Telinga yang basah atau terlalu berlebihan kelembaban akan mengundang pertumbuhan bakteri yang dapat mengganggun kesehatan telinga. Dalam kasus ini dapat menyebabkan infeksi yang biasanya disebut dengan telinga perenang. Maksudnya infeksi yang disebabkan oleh air yang terjebak di saluran telinga luar yang mengakibatkan bakteri bertumbuh. Dalam lingkungan seperti ini bakteri mudah berkembang biak memudahkan untuk iritasi atau alergi. Maka dari itu selalulah menjaga kekeringan disekitar telinga agar jauh dari yang namanya pertumbuhan bakteri yang dapat mengganggu kinerja organ tubuh.

Sekian dulu postingan kali ini yah sahabat. Semoga bermanfaat dan jangan share yah di sosmed kalian. Terimakasih Wassalamualaikum Warohma.

   

0 Response to "CARA MENJAGA KESEHATAN TELINGA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel