CARA MENJAGA KESEHATAN MATA

CARA MENJAGA KESEHATAN MATA


Assalamualaikum warohma sahabat. Nah kali ini ana akan membahas gimana sih biar mata kita selalu sehat. Mata merupakan indera paling utama dalam organ manusia. Yang sangat penting untuk melakukan aktifitas. Mata harus di jaga dengan semaksimal mungkin agar tidak dapat merugikan diri kita yah sahabat. Nah, Berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang untuk penglihatan mata yang terjaga sampai tua nanti.

1. Makan buah buahan segar buat mata




Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan mata sahabat adalah dengan memakan buah buahan segar. Penuhilah makanan sahabat dengan asupan buah buahan. Buah buahan yang mengandung banyak vitamin baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk mata.
Karotenoid termasuk dalam antioksidan yang dapat dengan baik untuk mata, tapi juga mampu membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Baca juga CARA MENJAGA KESEHATAN TUBUH

2. Pakai sunglass atau kacamata ketika beraktivitas di luar rumah







Bukan hanya kulit yang perlu sahabat jaga selama berada di ruang terbuka, mata pun sangat penting dijaga. Namun dengan cara yang berbeda.
Saat cuaca terik panas atau bahkan sedikit mendung sekalipun, sebaiknya pakai kacamata hitam untuk melindungi mata sahabat dari sinar UV matahari.
Dalam jangka waktu yang panjang, radiasi berlebihan dari sinar matahari sangat berisiko terjadinya katarak, penebalan jaringan dilapisan luar mata.

3. Hindari rokok atau asap rokok




Selama ini rokok lebih dekat dikaitkan dengan masalah terhadap jantung, rahim dan paru.

Baca juga Cara menjaga kesehatan reproduksi

Padahal, rokok juga berdampak buruk pada mata sahabat.
Perokok aktif atau orang yang merokok berisiko lebih besar untuk mengalami katarak, uveitis, bahkan kebutaan. Maka itu, berhentilah merokok secepat mungkin agar dapat menjaga kesehatan mata sejak masih muda.
Jika sahabat bukan perokok aktif pun tetap perlu menghindari asap rokok dari orang sekitar. Menjadi perokok pasif bisa sama sama berbahayanya dengan perokok aktif.

4. Rutin memeriksakan mata ke dokter mata


Sebenarnya sahabat sangatlah dianjurkan untuk rutin memeriksakan mata diusia berapapun. Namun kebiasaan ini menjadi penting terutama bagi generasi sekarang ini mulai dari usia 20 tahun ke atas.
Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan guna memeriksa seberapa baik kemampuan penglihatan mata  sahabat untuk mendeteksi adanya masalah mata sejak awal. Bahkan jika sahabat tidak memiliki gejala atau keluhan apa pun saat ini.
Rutin memeriksakan mata juga dapat memberi tahu sahabat apakah resep kacamata sahabat yang sekarang sudah tidak akurat lagi dan perlu diperbaiki. 
Sekian sahabat Wassalamualaikum warohma sampai jumpa.

0 Response to "CARA MENJAGA KESEHATAN MATA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel