Tips-Tips Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Perempuan


Tips-Tips  Cara Menjaga Kesehatan  Reproduksi Perempuan

 Assalamualaikum warohma sahabat skembali lagi di rumah kesehatan tradisional ini. Kali ini ana akan mmbahas bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi perempuan.



 Mengingat pentingnya fungsi  reproduksi bagi perempuan, sudah kewajibannya kesehatannya dijaga dengan semaksimal mungkin. Oleh sebab itu, ana membagikan beberapa tips di bawah ini yang bisa sahabat lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi perempuan :

1. Bersihkan sekitar organ intim dengan benar

  Cara membersihkan organ intim yang benar adalah dengan membasuhnya dari depan ke belakang dari arah vagina menuju anus, terutama saat setelah buang air kecil dan besar. Jika membersihkannya dengan tidak tepat, kuman yang berasal dari anus bisa terbawa menuju organ intim perempuam. Hal ini dapat menimbulkan infeksi pada organ intim perempuan.

Selain itu, sangat disarankan untuk tidak menggunakan sabun khusus kewanitaan yang mengandung bahan kimia misalnya alkohol, pewangi, atau antiseptik. Sabun jenis ini dapat menyebabkan iritasi dan membunuh bakteri bakteri alami yang berada di organ intim perempuan.

2. Mengkonsumsi makanan sehat

  Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang agar tubuh mendapatkan energi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan organ reproduksi.
Beberapa asupan nutrisi yang penting bagi kesehatan reproduksi perempuan adalah protein, lemak sehat, antioksidan, serat, serta vitamin dan mineral, seperti selenium, folat, zat besi, dan zinc. Nutrisi diatas bisa diperoleh dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, susu, telur, daging, dan ikan.

Baca juga CARA MENJAGA KESEHATAN BADAN

  Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi sekitar 8 gelas air per hari itu sangatlah penting. Jika sahabat suka mengonsumsi minuman yang mengandung banyak kafein, usahakan batasi agar tidak melebihi 2 cangkir per hari.

3. Mengelola Fikiran

  Fikiran yang stres berlebihan dapat berdampak pada depresi, gangguan cemas, hingga gangguan kesuburan atau reproduksi. Oleh sebab itu,  sangatlah penting untuk mengurangi stres agar tidak berdampak lebih lanjut pada kesehatan reproduksi.

  Jika sahabat sering merasa stres, coba lakukan relaksasi atau hal-hal yang membuat sahabat merasa senang. Misalnya jalan-jalan, olahraga, mencoba pijatan, atau yoga.

4. Menjaga berat badan

  Menjaga agar berat badan tetap ideal atau sesuai dengan indeks massa tubuh (IMT) sangatlah penting. Berat badan yang berlebihan atau obesitas atau justru terlalu rendah dapat mengganggu sistem ovulasi dan produksi hormon yang sangan penting untuk mengatur kesuburan seorang perempuan.

5. Lakukan kebiasaan sehat yang lain.

  Selalu mengerjakan kebiasaan sehari-hari seperti di bawah ini juga sangatlah berpengaruh besar terhadap kesehatan reproduksi perempuan: Mencobalah berhenti merokok. 

  Merokok dapat mengurangi jumlah dan kualitas 
sel telur, serta mengganggu kesehatan rahim.        
Hindari minum-minuman beralkohol. Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko gangguan pada sistem ovulasi.
  Istirahat yang cukup. Orang dewasa, baik pria maupun wanita, membutuhkan waktu tidur selama kurang lebih 8 jam setiap harinya. Hindari penggunaan obat-obatan berlebihan dan suplemen, termasuk juga obat herbal di luar anjuran atau arahan dokter. Gunakan alat bantu kontrasepsi untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan. 
  Hindari perilaku berhubungan suami istri yang berisiko, yaitu hubungan tanpa kondom dan sering berganti pasangan. Hal ini sangat penting untuk mencegah penyakit menular seksual seperti HIV AIDS.

0 Response to "Tips-Tips Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Perempuan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel