cara mudah menjaga kesehatan tubuh

Berbagai cara mudah menjaga kesehatan tubuh kita.

Assalamualaikum warohma sahabat. semoga sahabat semua dalam keadaan sehat yah. kembali lagi di Rumah kesehatan tradisional ini. Blog yang menyajikan informasi mengenai kesehatan. kali ini ana akan membahas mengenai gimana sih menjaga kesehatan tubuh biar tidak mudah terserang penyakit. nah langsung saja simak baik baik yah.



Berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan cara mudah untuk menjaga kesehatan tubuh sahabat semua.

1. Aktivitas fisik atau olahraga, di mana pun dan kapan pun

  Kunci hidup sehat adalah aktif bergerak. Nah,  sahabat salah satu orang yang suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton serial atau drama korea atau yang lainya di depan TV? sahabat tetap bisa produktif melakukan aktivitas fisik saat sedang nonton TV. Caranya cukup sederhana kok sahabat, dengan manfaatkan waktu jeda iklan sebagai ajang untuk melakukan peregangan otot, push up, sit up, atau pun plank, angkat burble.
Jadi, tidak ada lagi waktu sahabat yang terbuang sia-sia meskipun sahabat sedang berada dihadapan TV. Selain memanfaatkan waktu jeda iklan ketika sahabat menonton TV, sahabat juga bisa melakukan beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan di dalam rumah. Misalnya, merpikan rumah, naik turun tangga beberapa kali, berkebun atah siram siram tanaman di sekitar rumah, jalan santai, dan lain sebagainya. 

2. Cukup tidur

  Selain aktif beraktivitas, sahabat juga harus mengatur pola tidur sahabat. Pasalnya, tidur adalah sebuah kebutuhan paling mendasar yang menjadi sebuah pondasi dimana pikiran dan tubuh sehat dibentuk. Jika pondasi tersebut tidak kuat atau goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan tubuh sahabat. Mulai dari fungsi imun atau kekebalan tubuh, daya atau energi, selera atau nafsu makan, suasana hati atau perasaan dan lain lain. Pada hakikatnya, waktu tidur ideal setiap orang sangatlah berbeda. Namun, para pakar kesehatan setuju jika waktu tidur ideal orang dewasa itu sekitaran 7 sampai 9 jam setiap harinya.

Baca juga Tips cara menjaga kesehatan reproduksi perempuan

Jadi, untuk menjaga kesehatan badan, mulai sekarang cukupi waktu tidur sahabat dan hindari begadang sampai larut. Benar apakata syair bang haji roma irama. Begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Begadang boleh saja kalau ada perlunya......cie cie nyanyi.

3. Banyak minum mineral atau air putih

  Air merupakan kebutuhan paling mendasar untuk tubuh manusia. Jika tubuh kekurangan air atau mineral, maka organ dalam tubuh akan lebih sulit untuk melakukan kinerja sebagaimana mestinya. Di sisi lain, sahabat juga akan lebih berisiko mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika sahabat mengalami dehidrasi, ini akan menguras energi sahabat sehingga membuat tubuh sahabat lebih cepat lelah.
Banyak orang yang selalu mengingatkan kita bilang kalau tubuh kita harus dicukupi kebutuhan air putih 8 gelas setiap hari. Padahal, belum tentu itu benar. Pasalnya, kebutuhan air tiap orang sangatlah berbeda-beda. Bisa jadi sahabat butuh minum air kurang atau bahkan lebih dari rekomendasi diatas. Yang paling penting, jangan tunggu sahabt merasa sampai haus baru minum air putih. Pasalnya, rasa haus yang tumbuh itu sebenarnya sudah menjadi tanda tubuh sahabat mengalami dehidrasi sebanyak 2 persen. Jadi, selagi sahabat mampu dan sanggup, cukupilah kebutuhan cairan dalam tubuh sahabat. Tidak melulu dengan air putih, sahabat juga bisa mencukupi kebutuhan cairan dari sayuran dan buah yang kaya akan air seperti pepaya, semangka, melon, jeruk, jambu air dan keluarganya.

4. Makanlah perlahan lahan.

  Banyak orang yang bilang khilaf dan lupa diri saat melihat makanan yang berjejeran di depan mata. Rasanya, semua yang ada dihadapan mata ingin dinikmati secepat mungkin. Tidak disangka, hal ini membuat sahabat makan dengan cepat, sehingga sahabat tidak sadar telah makan dalam porsi besar dan memperoleh kalori yang cukup tinggi di dalam tubuh sahabat. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal Academy of Nutrition and Dietic, mengonsumsi makanan secara perlahan atau pelan sangatlah berpengaruh besar dalam mengurangi jumlah kalori dalam tubuh sahabat. Ketika makan dengan lebih pelan, tanpa sadar sahabat sudah merasa kenyang padahal baru makan dalam porsi yang lebih sedikit.

Baca Juga CARA MENGATASI SAKIT GIGI

  Akibatnya, makan perlahan atau pelan pelan secara tidak langsung dapat mengendalikan kecepatan berat badan tumbuh yang pada akhirnya dapat mencegah terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan. Selain itu, makan secara perlahan juga membantu memperlancar sistem pencernaan dan membuat sahabat akan merasa lebih kenyang walaupun jumlah makanan yang sahabat konsumsi tidaklah banyak.


  Sekian postingan kali ini jangan lupa subcribe yah untuk berlangganan artikel di Rumah kesehatan tradisional ini. Wassalamualaikum warohma sahabat semua.

0 Response to "cara mudah menjaga kesehatan tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel